Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal: Proyeksi Babel Masa Depan Kita, Bertajukkan Nasional Bangka Belitung Economy Roadmap

Pj Gubernur Safrizal: Proyeksi Babel Masa Depan Kita, Bertajukkan Nasional Bangka Belitung Economy Roadmap
Sumber : Diskominfo Babel

Pangkalpinang, votenews.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA, turut hadir dalam kegiatan Bangka Pos Award, dalam rangka Hari Jadi Bangka Pos ke-25, dan Hari Jadi Pos Belitung ke-23, di Hotel Santika Bangka, Selasa (28/5/2024).

Safrizal yang juga Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kemendagri RI ini, juga menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional Bangka Belitung Economy Roadmap, sebagai salah satu rangkaian hari jadi salah satu Tribun Network bertema “Bersama Kita Hebat”.

Sesuai tema besarnya yakni “Economy Roadmap”, Pj Gubernur mengungkapkan ‘wajah’ Negeri Serumpun Sebalai hari ini dan masa depan. Saat ini, Kep. Babel masih ketergantungan dengan sektor mineral yaitu pertambangan timah dalam pertumbuhan ekonominya, dengan kontribusi yang mencapai lebih dari 50 persen.

“Saya apresiasi kepada Bangka Pos yang mengangkat (isu) economy roadmap Bangka Belitung, karena hari ini memang menjadi tema yang baik. Diskusi terjadi dari berbagai perspektif, bukan hanya pemerintah provinsi dan kabupaten, tetapi juga dari perspektif pengusaha, asosiasi, perguruan tinggi, dan pusat,” ujarnya.

Untuk mengatasi ketergantungan ini, maka perlu adanya keseimbangan antara sektor pertambangan dan sektor lainnya yang ia sebut “blue-green”, atau sektor kelautan, dan pertanian. Ia pun menganalogikan ketiga sektor tersebut dengan dua kaki yang saling mendukung dalam menopang tubuh. Hal ini harus menjadi perhatian setiap stakeholder di Kep. Babel, terutama untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang terkandung di dalam wilayah.