Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Hujan berhasil turun di 22 bendungan hasil dari TMC Ditjen SDA

Foto : Ditjen SDA
Foto : Ditjen SDA

Votenews.id, Jakarta – Pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebagai upaya antisipasi dampak musim kemarau tahun 2024 di Pulau Jawa telah dilakukan pada target 43 bendungan rekomendasi periode tanggal 1 – 5 Juni 2024.

Hujan berhasil turun di 22 bendungan, yaitu Bendungan Jatiluhur, Cipancuh, Bolang, Rancabeureum di wilayah Jawa Barat. Bendungan Kedung Ombo, Wadaslintang, Logung, Gembong, Sanggeh, Banyukuwung, Panohan, Grawang, Randugunting, Gunung Rowo, Malahayu, Lodan, dan Cacaban di wilayah Jawa Tengah. Serta Bendungan Gondang Lamongan, Prijetan, Telaga Ngebel, Wonorejo, dan Bendungan ?Pacal di wilayah Jawa Timur.

“Pelaksanaan TMC ini sebagai upaya mitigasi dampak musim kemarau tahun 2024 di Pulau Jawa,” kata Adek Rizaldi, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pada periode 1 – 5 Juni, TMC dilaksanakan melalui 3 posko yang terdapat di Bandung, Solo dan Malang. Posko Bandung bertanggung jawab terhadap pengisian 8 bendungan, dari 5 kali sorti (terbang) hujan berhasil turun di 5 bendungan. Sementara Posko Solo bertanggung jawab terhadap pengisian 23 bendungan, dari 5 kali sorti hujan berhasil turun di 12 bendungan.