Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

6 Tips Agar Tidak Cepat Pikun

Gambar Ilustrasi
  1. Begadang
    Tidur punya banyak manfaat, termasuk meningkatkan daya ingat dan daya focus, Kurang tidur memengaruhi kemampuan mempelajari hal baru hingga 40 persen.
    Selain itu, kurang tidur akan memengaruhi hippocampus otak ( Hippocampus adalah salah satu bagian otak yang berfungsi untuk mengatur penyimpanan memori) bagian ini menjadi tempat transit awal bagi ingatan baru,di dalamnya ingatan diolah dan di ubah menjadi ingatan jangka panjang,sehingga permanen di dalam otak.
  2. Multitasking
    Lupa sering kali berkaitan dengan atensi atau perhatian. Jika tidak memberikan perhatian penuh, gampang beralih, maka informasi tidak sepenuhnya diserap.
    Multitasking adalah mengerjakan beberapa hal bersamaan dapat mengganggu atensi dan penyerapan informasi namun tidak efektif.
    “Mengerjakan berbagai tugas pada waktu yang bersamaan sebenarnya dapat menyebabkan berkurangnya produktivitas dan lebih banyak kelupaan,” kata psikolog Julia Kogan.
  3. Malas Bergerak
    Malas bergerak berkontribusi pada kesulitan mengingat. Aktivitas fisik atau olahraga meningkatkan aliran darah dan kadar oksigen ke otak hal ini dapat membantu melindungi sel-sel otak.
    Selain itu, riset menemukan, kebiasaan tidak banyak bergerak berhubungan dengan penipisan di beberapa bagian otak yang penting untuk mengingat.
  4. Kurang Asupan Vitamin B1 dan B12
    Sering lupa juga bisa disebabkan kurang asupan vitamin B1 atau B12.
    Mengutip dari Forbes, vitamin B1 atau tiamin adalah kunci pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel. Sementara vitamin B12 membantu menjaga kesehatan darah dan sel saraf.
  5. Konsumsi Alkohol
    Bagian otak yang berhubungan dengan memori lebih rentan terhadap kerusakan akibat alkohol dibanding bagian otak lain. Konsumsi alkohol berlebihan bisa berdampak buruk pada kemampuan mengingat.
    Faktanya, demensia terkait alkohol menyumbang 10 persen dari seluruh kasus demensia.
  6. Merokok
    Jika ingin punya ingatan tajam, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan merokok.
    “Merokok merusak sel otak dan menghambat pembentukan sel baru pada hippocampus yang mana bisa membuat Anda kelupaan,” kata psikoterapis Valentina Dragomir. “Goldman merekomendasikan untuk menemukan sistem penyimpanan yang cocok”. Anda bisa mencatat di buku khusus, membuat jadwal, kotak tertentu untuk barang yang sudah tidak digunakan dan cara-cara lain.

Dari tips di atas, cara hidup sehat dan sering melakukan aktivitas yang positif, maka akan dapat terhindar dari kepikunan.

Sumber : CNN INDONESIA
Votenews.id / atan