Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Mendagri Tito Apresiasi Kep. Babel atas Capaian IPH dan Inflasi Rendah, Tekankan Percepatan Vaksinasi Polio

Votenews.id, Pangkalpinang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) yang berhasil mencatat Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai proxy inflasi pada minggu ke-3 Juni 2024 di posisi kedua terendah secara nasional, yakni (-1,46).

“Nah, seperti yang kita lihat dari data yang ada, IPH-nya Kep. Babel ini dalam posisi yang baik, terendah kedua. Tidak hanya itu saja, pada Mei 2024 kemarin, Kep. Babel juga menduduki posisi pertama Inflasi terendah di Indonesia. Ini hal yang bagus,” kata Mendagri Tito dalam arahannya pada Rapat Pengendalian Inflasi yang membahas Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah dan Langkah Percepatan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Daerah Tahun 2024.

Rapat ini dihadiri oleh 273 Kepala Daerah se-Indonesia, termasuk Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kep. Babel Fery Afriyanto yang hadir secara daring di Ruang Vidcon Kantor Gubernur, Senin (24/06/24).

Selain membahas pengendalian inflasi, rapat tersebut juga fokus pada langkah percepatan penanggulangan KLB Polio. Berdasarkan data, angka kasus Polio cukup mengejutkan dan memerlukan tindakan segera.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kasus Polio di Indonesia sempat dinyatakan tidak ada pada tahun 2014. Namun, kasus ini muncul kembali pada tahun 2020-2021 akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan vaksin Polio terabaikan.