Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Akibat Aktivitas Tambang Timah, Sumur Warga Mengalami Kekeringan dan Aliran Sungai Tercemar

Limbah tambang timah yang dibuang ke aliran sungai.

(BM) salah satu warga setempat saat di temui votenews.id dikediamannya mengatakan “Aktivitas ini lah berjalan sekitar setahun, berdampak air sumur agak surut dengan adanya aktivitas ini, sebelumnya dak pernah surut biar kemarau, kering sekitar setengah meter. Pernah di kasih tau, tapi tidak ada anggapan, dulu pernah ada dibawa orang kelurahan disuruh tanyain masalah tentang sumur. Ada tiga rumah yang terkena dampak aktivitas ini” ujarnya.

Adanya aktivitas tambang yang terus di lakukan, dikhawatirkan air sumur warga akan mengalami kekeringan total pada saat kemarau panjang. Adapun upaya warga untuk menindak lanjuti laporan mereka, masih belum jelas penyelesaiannya ke pihak yang terkait .

Sementara warga lain yang terdampak akibat aktivitas tambang ini, (TJL) menuturkan “orang kelurahan periksa memang ada efeknya ada TI di situ. Dulunya sebelum ada TI banyak airnya, sekarang kalau hujan baru ada naiknya sedikit” tuturnya.

Warga berharap adanya upaya penyelesaian masalah secepatnya dari pihak terkait, untuk memberikan solusi terbaik akibat aktivitas tambang tersebut yang dinilai sangat merugikan.

Votenews.id / atan