Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Data Terkini Jemaah Haji Indonesia 2024 Meninggal di Tanah Suci

Sementara berdasarkan kategori, kasus kematian ini didominasi oleh jamaah haji reguler. Tercatat hanya ada 19 jamaah haji khusus dari total 442 jemaah yang meninggal dunia di tanah suci.

Meski begitu, tren kasus kematian pada jemaah haji Indonesia di Tanah Suci ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini terlihat dari tabel perbandingan kasus kematian dari tahun ke tahun yang ditampilkan di laman Siskohat Kemenag.

Perbandingan hingga hari ke-65 operasional haji, tahun lalu jemaah yang meninggal di tanah suci mencapai 755 orang. Sementara pada periode yang sama di 2024, jamaah haji meninggal dunia berjumlah 442 orang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief memastikan bahwa tidak ada jamaah haji Indonesia yang tergeletak wafat di Mina tanpa adanya penanganan.

“Gambar itu yang beredar tidak mencerminkan yang terjadi pada jamaah kita,” ujar di Makkah, Jumat 21 Juni 2024.

Pernyataan ini merespons beredarnya video di media sosial perihal jamaah yang tergeletak di jalanan jalur Jamarot, Mina. Mereka dinarasikan telah meninggal dunia dan hanya ditutup oleh kain ihram.