Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Harga Cabai Naik Petani Untung, Masyarakat Mengeluh

Bangka Tengah, Votenews.id – Dikarenakan musim panas dan gagal panen, harga cabai di pasaran naik. Petani untung, masyarakat keluhkan hal tersebut.

Cabai keriting di pasaran terus naik, dikarnakan cuaca saat ini mengalami kekeringan, sehingga pasokan cabai dari luar tidak banyak masuk di pasaran, sehingga membuat masyarakat keluhkan kebutuhan salah satu bahan dapur tersebut.

Adapun lain halnya dengan petani yang saat ini panen hasil tanam cabai, dengan harga yang ikut naik. Biasanya satu kilogran dari petani dijual dengan harga 30 ribu Rupiah, sekarang bisa mencapai 40 ribu Rupiah perkilogram .

Dimusim kering ini, menjadi berkah tersendiri untuk petani cabai, padahal saat ini juga mereka terancam akan gagal panen dikarnakan musim kering yang menyulitkan petani untuk merawat tanaman mereka.

Muntia salah seorang Anggota Kelompok Tani dari Desa Cambai Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan “Pengiriman kalau angin kencang kayak gini stok kurang pengiriman dari luar jadi harganya agak tinggi” ucapnya.

Harga cabai keriting dikisaran 65 ribu Rupiah, padahal sebelumya hanya 50 ribu Rupiah saja perkilogram. Adanya peran penting pemerintah daerah untuk menyetabilkan harga cabai tersebut dan memperhatikan juga kesejahteraan petani kita, khususnya petani cabai.

Votenews.id / Atan