Harga TBS Non Mitra Di PKS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dukung Pelaku UMKM Perempuan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara Pembukaan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Expo dan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024, di Jakarta Pusat, Selasa (23/07/2024).

Jakarta, Votenews.id – Resiliensi perekonomian nasional terbukti masih tetap terjaga di tengah beragam tantangan saat ini, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan inflasi yang terkendali. Aktivitas perekonomian sektor riil menjadi salah satu indikator yang menunjukkan prospek menjanjikan, didukung oleh terjaganya angka Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dan Pertumbuhan Penjualan Riil. Selasa (23/07/2024).

Kondisi ini menjadi peluang bagi dunia usaha terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Saat ini, UMKM sendiri tengah di dominasi oleh kaum perempuan dengan persentase sebanyak 64,5% dari pelaku UMKM atau sekitar 37 juta orang. Dengan peran yang signifikan tersebut, Pemerintah terus memberikan perhatian bagi pengembangan usaha pelaku UMKM dari kalangan perempuan melalui sejumlah fasilitas kebijakan.

“UMKM ini adalah sektor yang menyerap banyak tenaga kerja dengan hampir 90% tenaga kerja kita bekerja di sektor UMKM, tentu ke depan akan terus kita dorong dengan fasilitas yang disediakan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara Pembukaan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Expo dan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024, di Jakarta Pusat.

Guna mendukung peran perempuan dan ibu rumah tangga untuk mengembangkan usaha, Menko Airlangga menyebutkan bahwa Pemerintah saat ini telah menyediakan akses pembiayaan melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro untuk Ibu Rumah Tangga dengan bunga yang relatif rendah. Untuk tahun 2024, Pemerintah telah menetapkan plafon KUR sebesar Rp280 triliun.