SPMB 2025/2026 Dibahas di DPRD Babel, Komisi IV Minta Tak Ada Siswa Dirugikan

Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Rapat Kerja Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPRD Provinsi Babel Foto : Istimewa

VOTENEWS.ID, PANGKALPINANG — Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Rapat Kerja Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPRD Provinsi Babel guna membahas pelaksanaan Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) SMA dan SMK Tahun Ajaran 2025/2026. Rapat digelar di ruang Bamus DPRD Babel, Senin (23/6/2025).

Ketua Komisi IV Heryawandi dan Wakil Ketua Komisi IV Me Hoa memimpin langsung jalannya rapat. Dalam forum ini, Komisi IV meminta penjelasan teknis pelaksanaan SPMB, termasuk evaluasi tahap pertama yang meliputi jalur afirmasi dan prestasi.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Babel, Darlan, memaparkan bahwa SPMB tahun ini dibagi dua tahap. Tahap pertama berlangsung 10-12 Juni dengan jalur afirmasi dan prestasi. Untuk SMA, jumlah pendaftar jalur afirmasi mencapai 1.363 orang, dan jalur prestasi 1.903 orang. Sementara di jenjang SMK, jalur afirmasi mencatatkan 1.244 pendaftar.

Tahap kedua yang masih berlangsung dilaksanakan pada 19, 20, 23, dan 24 Juni, mencakup jalur domisili, reguler, dan mutasi. Darlan menegaskan bahwa pelaksanaan sejauh ini berjalan lancar, tanpa gangguan teknis maupun kendala sistem.

“Kami sudah mengantisipasi potensi gangguan server sejak awal. Sosialisasi pun dilakukan intensif melalui sekolah, media sosial, hingga radio dan podcast,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Babel menyediakan 10.620 kursi untuk SMA negeri dan 8.208 kursi untuk SMK negeri tahun ini. Darlan menegaskan komitmen pihaknya untuk melaksanakan proses SPMB secara jujur, transparan, dan adil, tanpa diskriminasi maupun nepotisme.

Me Hoa berharap tidak ada calon siswa yang dirugikan. “SPMB ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya, dan ke depan harus terus meningkat kualitas pelaksanaannya,” tegasnya.

Rapat juga dihadiri Kepala BTIKP, Kabid SMK, Sekretaris Dinas Pendidikan, serta seluruh Kepala Cabang Dinas se-Babel.